Minggu, 18 Juni 2017

Diet vs Olahraga Mana Yang Lebih Efektif?

Diet vs Olahraga Mana Yang Lebih Efektif? - Jangan percaya jika ada yang bilang olahraga lebih baik. Jangan juga mudah terpengaruh jika ada yang mengatakan sebaliknya. Anda harus menemukan jawabannya sendiri.

Ada dua hal kunci yang perlu Anda perhatikan jika ingin mendapatkan tubuh langsing dan sehat. Pertama, membatasi asupan kalori. Kedua, olahraga rutin minimal tiga kali dalam seminggu. Rasanya, semua orang tahu tentang hal ini. Namun, menjalankan keduanya sekaligus, masih dirasa cukup berat.



Definisi Diet

Diet adalah atauran kesehehatan da biasanya dilakukan atas petunjuk dokter atau konsultan. Secara umum diet bermakna sebuah usaha untuk menurunkan berat badan denga mengatur pola makan dan mengatur asupan nutrisi tertentu. Dengan diet, alias mengatur pola makan, yang paling utama adalah mengurangi asupan kalori harian. Jika dilakukan dengan konsisten, tubuh akan menyesuaikan kebutuhan kalori dengan energi yang dihasilkan dari metabolisme. Hasilnya, dengan konsumsi kalori yang lebih sedikit, tubuh akan menyimpan cadangan makanan dalam jaringan lemak yang lebih sedikit, sehingga mempermudah penurunan berat badan


Definisi Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Berolahraga dapat membantu metabolisme tubuh menjadi lancar, sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh menjadi lebih efisien dan efektif.

Dalam sebuah studi tahun 2012, dinyatakan bahwa diet yang berdiri sendiri memberikan hasil penurunan berat badan sebesar 8.5% dan olahraga sebesar 2.4%. Sedangkan kombinasi keduanya dapat menurunkan berat badan hingga 10.8%.
Penurunan jumlah lemak tubuh pun lebih besar pada kombinasi diet dan olahraga (12.4%). Disusul oleh diet saja (8.9%), dan berolahraga saja (3.3%).
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kombinasi diet dan olahraga lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan diet atau olahraga saja.
Penting untuk diketahui bahwa diet bukanlahsekadar mengurangi porsi makan. Diet berarti juga mengatur pola makan menjadi lebih sehat. Jika diet dilakukan tanpa didampingi olahraga, biasanya tubuh menjadi lemas, dan karenanya bisa menggagalkan diet itu sendiri!
Olahraga tidak hanya berfungsi untuk membantu membakar kalori. Fungsi metabolisme tubuh juga dapat meningkat dan lebih maksimal ketika seseorang berolahraga. Dengan demikian, asupan nutrisi yang didapat dari diet bisa disirkulasi dengan baik.
Inilah mengapa, untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat, dokter selalu menganjurkan Anda untuk mengombinasikan diet dengan olahraga.
Yuk, kombinasikan diet dan olahraga. Anda tak hanya mendapatkan berat bada ideal saja, namun juga tubuh yang lebih sehat! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar